10 tips Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil

10 tips Merintis Usaha Sendiri dari Nol dengan Modal Kecil. Merintis usaha sendiri tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal penting yang mesti anda persiapkan. Mulai Dari rencana usaha yang kemudian dijalankan sampai dengan segi pemasaran. Jika anda kurang pengetahuan dan tidak serius dalam membangun usaha tersebut, usaha anda tidak Akan berkembang dan bisa mengalami kerugian.

Baca Juga: SB1M Pilihan Tepat Belajar Bisnis Online Pemula

Oleh sebab itu, banyak calon pengusaha menggunakan jasa konsultan bisnis. Mereka berharap bisa mendapatkan strategi dan perencanaan matang sebelum memulai usaha yang akan ditekuni.

Bagaimana dengan anda? Saya rasa anda tidak perlu menyewa jasa konsultan bisnis jika hanya membuka usaha dengan modal kecil. Selain biayanya relatif mahal, merintis usaha sendiri dengan modal kecil bisa anda pelajari sendiri dari awal.

Berita baiknya, postingan ini membahas tips demi tips memulai usaha sendiri dengan modal yang relatif kecil. Berikut 10 tips merintis usaha sendiri Dari awal anda praktekkan mulai Dari sekarang.

1. Tentukan Jenis Usaha Yang Akan Di jalankan

Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis.

Selain itu, sebaiknya jenis usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan keahlian anda. Percuma menjalankan sebuah usaha tetapi anda tidak menyenanginya. Anda akan setengah hati dalam mengembangkan usaha tersebut. Malahan, anda bisa menyerah ditengah jalan ketika merasa bisnis anda tidak sesuai harapan.

2, Segera Lakukan Survei

Setelah anda menentukan jenis usaha anda, tips selanjutnya adalah melakukan survei dilapangan. Hal ini penting bagi anda untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha anda tersebut. Apakah memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi atau tidak.

3. Menyiapkan Modal

Merintis usaha sendiri Dari awal bukan berarti anda tidak perlu modal. Anda tetap membutuhkan modal untuk mengawali usaha anda.

Pada umumnya, usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. Anda harus tahu berapa modal anggaran untuk memulai usaha tersebut.

Perencanaan yang Matang
Merintis usaha sendiri dengan modal kecil bukan berarti asal-asalan. Anda butuh persiapan dan perencanaan matang dalam memulai usaha anda. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kegagalan dalam sebuah usaha.

Perlu anda ketahui, hampir semua kegagalan pelaku bisnis terjadi akibat kurangnya persiapan dan perencanaan baik dalam mengelola bisnis mereka. Jika sudah demikian, keuntungan tidak bisa diraup, modalpun habis.

Definisikan Keunikan Produk Anda
Dalam menjalani suatu usaha, anda harus bersaing dengan banyak pengusaha lain yang sejenis dengan usaha anda. Anda bisa melihat beberapa diantara mereka berhasil menarik begitu banyak konsumen.

Apa rahasianya? Tentunya mereka memiliki daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki oleh usaha sejenis ditempat lain. Oleh sebab itu, definisikan keunikan produk yang akan anda tawarkan pada konsumen.

Pengelolaan Keuangan yang Baik
Meskipun modal anda kecil, merintis usaha sendiri dari awal perlu pemahaman pengelolaan keuangan baik. Anda harus bisa memisahkan uang untuk bisnis dan uang pribadi. Sehingga anda bisa fokus dalam mengembangkan bisnis anda.

Promosikan Produk dengan Baik
Sebagus apapun produk yang anda sajikan, tak lantas membuat banyak konsumen berdatangan untuk membeli produk anda. Maka lakukan promosi untuk memperkenalkan produk anda.

Membangun Jaringan
Membangun jaringan pertemanan dengan Pelanggan agar saling menguntungkan. Oleh karenanya, Jaringan memiliki peran penting dalam kelangsungan usaha anda.

Sebaiknya berusahalah untuk membangun jaringan dengan pengusaha lain sejenis dengan usaha anda. Membangun jaringan dengan sesama rekan tidaklah membuat saingan anda bertambah. Justru mereka dapat membantu anda dalam meningkatkan promosi. Selain itu, anda bisa berbagi pengalaman bersama mereka. Jangan takut apalagi malu untuk bertanya seputar usaha anda. Belajar pada mereka yang sudah berpengalaman tentu dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang bisnis yang akan anda jalani.

Mendaftarkan Usaha Anda
Dalam merintis usaha sendiri dari awal, anda memang harus banyak belajar. Selain menjaga kualitas produk, sistem manajemen dan strategi pemasaran yang baik. Anda juga harus patuh terhadap hukum.

Mental yang Kuat
Kunci keberhasilan anda dalam merintis usaha sendiri dari awal adalah mental kuat dan sikap pantang menyerah. Anda harus mampu melewati masa-masa sulit selama menjalankan usaha tersebut.

Menjadi wiraswasta bukanlah seperti karyawan yang memiliki jadwal rutin yakni kerja selama sebulan, setelah itu mendapat gaji.

Sementara anda menjadi leader dalam menjalankan usaha anda sendiri. Oleh sebab itu anda harus bekerja ektra keras dan memiliki jadwal yang tidak menentu. Dan berfikir bagaimana caranya agar usaha anda dapat memberikan gaji yang layak untuk anda.

Memang bukan perkara mudah dalam merintis usaha sendiri dari awal. Butuh pengorbanan biaya dan waktu agar usaha anda bisa sukses seperti anda inginkan. Ikuti tips-tips diatas agar kedepannya anda dapat sukses dalam menjalankan usaha anda.

Selamat untuk mencoba.

Baca Juga: 11 Keuntungan Internet Marketing Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *